Kita semua tahu bagaimana kehidupan orang-orang jaman dulu, yaitu sekitar lebih dari 200 tahun lalu. Tidak ada mobil, bis, pesawat, sepeda motor dan kendaraan lain yang memiliki mesin otomatis. Ini membuat mereka banyak berjalan kaki.

Dan kalaupun mereka punya kuda, keledai atau unta, mereka memakainya untuk perjalanan yang jauh, bukan yang dekat seperti di antara kita yang pakai motor untuk ke warung yang hanya 300 meter jaraknya!

Mereka juga tidak ada remote control sehingga harus gerak dan jalan menuju benda tertentu. Mereka tidak ada mesin pemotong rumput, sehingga memotong secara manual dengan tangan dan tenaga cukup besar. Mereka tidak ada mesin laundry sehingga harus jalan ke sungai dan mencuci manual di sana. Mereka tidak memiliki semua mesin canggih yang membuat semuanya serba instan sehingga mereka melakukan semuanya secara manual dengan tubuh mereka.

Itulah sebabnya mereka tidak perlu punya waktu khusus untuk olahraga. Mereka juga tidak perlu datang ke gym!

 

Hanya Pejabat dan Orang Kaya yang Gemuk dan Sakit Degeneratif

Jaman dulu, yang gemuk dan menderita sakit degeneratif adalah golongan orang kaya dan pejabat. Tidak seperti kita dimana semua level ekonomi dan semua jabatan, pasti ada banyak yang gemuk dan menderita penyakit degeneratif.

Angka obesitas, kanker, diabetes, sakit jantung di jaman dulu sangatlah rendah. Tidak seperti jaman kita yang sangat tinggi sekali.

Kenapa di jaman dulu yang obesitas dan sakit degeneratif hanya di golongan pejabat dan orang kaya? Karena golongan mereka punya uang dan punya pelayan/budak yang melayani mereka.

Mereka punya uang untuk beli makanan dan minuman keras sebanyak-banyaknya. Mereka punya uang untuk berpesta pora. Mereka selalu kenyang, tidak pernah puasa atau kekurangan makanan. Tubuh mereka menerima terlalu banyak makanan masuk dibandingkan yang keluar.

Mereka juga kurang gerak karena punya pelayan/budak yang melayani kebutuhan fisik mereka. Ketika mandi, ada yang memandikan. Pakaian dan sepatu, sudah ada yang mencuci dan mempersiapkan. Rumah dan pekarangan juga sudah ada yang mengurusnya. Jika ada yang rusak, sudah ada tukang yang memperbaikinya. Pergi kemana-mana juga pakai tenda atau kereta kuda. Kekayaan telah membuat mereka malas dan tidak banyak bergerak.

 

Bagaimana Supaya Orang Jaman Sekarang Tidak Wajib Olahraga?

Jaman sekarang kita diperlengkapi dengan fasilitas yang praktis dan instan. Godaannya lebih besar dibandingkan jaman dulu. Tapi ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan supaya tidak wajib olahraga atau ngegym, hanya saja perlu kedisiplinan dan tidak boleh malas. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan supaya tidak wajib olahraga:

 

Cuci Piring Sendiri Setiap Hari

Cuci piring sendiri akan membuat otot tangan, kaki, leher, dan punggung Anda berkontraksi. Tidak ada salahnya toh kalau Anda mencuci sendiri setelah Anda makan atau memasak.

 

Parkir Kendaraan Lebih Jauh

Dengan memarkir kendaraan lebih jauh akan memaksa Anda untuk banyak berjalan. Tidak perlu takut jika kepanasan di siang hari, karena terkena sinar matahari selama 2 menit jalan tidak akan membuat Anda lebih hitam kok.

 

Jalan-jalan ke Mall

Yang ini biasanya disukai kaum wanita, tapi dibenci kaum pria. Tapi tahukah Anda bahwa Anda tanpa sadar sudah berjalan lebih dari 1 km di mall? Kita sering tanpa sadar telah menghabiskan waktu lebih dari 3 jam di mall. Dan selama itu kita banyak berdiri dan mondar-mandir berjalan.

Tangan, leher, kepala, mata, pinggang, kaki dan anggota tubuh lainnya juga digerakkan ketika kita memeriksa barang-barang, membawa barang belanjaan, dan mencobai pakaian.

Nah, buat yang bokek atau mungkin tidak ingin belanja, jalan-jalan ke mall tetap cukup bagus dan nyaman dilakukan karena banyak hal bagus yang bisa dilihat dan ruangannya nyaman ber-AC. Toh sama saja dengan ruang ngegym yang ber-AC khan?

 

Membersihkan Sendiri Rumah atau Pekarangan

Jangan serahkan semuanya ke pembantu. Mungkin Anda bisa menyapu sendiri kamar Anda atau ruang kerja Anda. Sisanya serahkan ke pembantu. Gerakan bersih-bersih juga membuat semua anggota tubuh Anda bergerak dan berkeringat.

 

Rapikan Sendiri Tempat Tidur

Sehabis tidur, rapikan sendiri tempat tidur Anda. Jangan biarkan pembantu, orantua, atau istri yang melakukannya.

 

Jangan Pakai Kendaraan untuk Jarak Dekat

Ada lho karena mau pamer mobil, mereka naik mobil ke masjid yang jaraknya hanya 500 meter dari rumah. Dan banyak juga yang ke toko, warung atau ke tetangganya yang pakai motor padahal jaraknya kurang dari 500 meter. Stop kebiasaan ini ya karena tidak sehat buat Anda sendiri.

 

Buang Sampah dan Taruh Barang ke Tempatnya

Ada beberapa orang ketika mengambil sesuatu, malas mengembalikannya lagi ke tempat asalnya. Ada juga yang malas membuang sampah ke tempatnya padahal tempat sampah ada 1 meter di dekat mereka. Bukan hanya kebiasaan jelek ini bisa membuat rumah jadi berantakan dan tidak bersih, ini juga membuat Anda kurang gerak dan tidak sehat.

 

Lakukan Sendiri Beberapa Pekerjaan Kasar Lainnya

Ada banyak pekerjaan kasar lainnya yang bisa Anda lakukan sendiri sehingga badan Anda banyak gerak, seperti misalnya membersihkan toilet, memotong rumput, memotong dahan pohon yang terlalu lebat, memperbaiki genteng yang rusak, mengangkat galon air minum, dan sebagainya. Jadi kalau mau sehat dan ngga wajib olahraga, lakukanlah beberapa (tidak harus semua) pekerjaan kasar ini.

Dt Awan (Andreas Hermawan)

©2019 DutaSehat.com all rights reserved.

WhatsApp chat

Masuk dengan data akun Anda

atau    

Lupa rincian login Anda?

Buat Akun

%d blogger menyukai ini: