Kontak WA Admin: 081353222797

Berpikir Holistik: Tubuh Anda Ibarat Rumah Orang Kaya

Untuk mempermudah Anda memahami bagaimana tubuh kita bisa sehat atau sakit, Anda perlu tahu tentang Filosofi “Rumah Orang Kaya”. Tubuh kita itu sebenarnya ibarat rumah orang kaya. Kenapa rumah orang kaya, bukannya rumah orang miskin atau rumah sederhana dari kelas menengah saja? Karena Tuhan mendesain tubuh kita dengan sempurna dan kaya, bukan dengan desain minimalis atau miskin.

Bayangkan, ada sebuah rumah besar dimiliki oleh seorang yang kaya raya. Selain besar rumahnya, tanah pekarangannya juga sangat luas.

Di rumah tersebut ada beberapa petugas keamanan yang selalu berjaga-jaga. Ada juga para asisten rumah tangga, tukang kebun, tukang masak, baby sitter, dan sopir.

Tuan rumah memiliki seorang istri yang cantik serta 1 anak laki-laki dan 1 anak perempuan.

Mereka yang ada di dalam rumah orang kaya ini hidup bahagia, sehat dan sejahtera.

 

Kenapa Kita Sehat dan Kenapa Kita Sakit?

Rumah Punya Sistem Keamanannya Sendiri

Rumah orang kaya tersebut karena memiliki sistem dan petugas keamanan yang bagus, membuatnya jadi tidak bisa ditembus oleh orang jahat. Ada CCTV di luar dan dalam rumah. Ada beberapa petugas keamanan kuat yang berjaga-jaga di luar dan dalam rumah 24 jam dengan 3 shift jaga. Ada juga sistem alarm yang selalu menyala 7×24 jam.

Dan toh andaikata ada orang jahat yang berhasil masuk, mereka akan segera ketahuan, ditangkap dan habis babak belur oleh petugas keamanan di dalam rumah karena penjaganya banyak dan kuat-kuat, bukan satpam tua yang gemuk dan lamban.

Itulah tubuh kita ketika dalam kondisi prima atau sehat. Kita memiliki sistem dan penjaga imunitas di luar dan dalam tubuh kita, sehingga kuman, parasit, racun dan hal-hal jahat lainnya tidak bisa berhasil merusak tubuh kita.

 

Berkat Para ART, Rumah Jadi Bersih dan Nyaman Ditinggali

Selain petugas keamanan, ada juga yang membuat rumah orang kaya tersebut bersih dan nyaman ditinggali, yaitu para asisten rumah tangga (ART) yang bekerja untuk orang kaya tersebut.

Pada saat rumah kedatangan tamu atau ada pesta besar, rumah bisa kotor saat acara selesai. Tapi untuk ada cukup banyak para ART yang bertugas, sehingga rumah jadi bersih lagi. Mereka bisa melakukan tugas mereka dengan baik karena mereka sendiri profesional, kuat, gesit dan sehat.

Walaupun tidak ada tamu, para ART juga sangat dibutuhkan karena setiap harinya mereka merapikan barang-barang dan juga membersihkan semua area luar dan dalam rumah.

Semua kegiatan profesional ART inilah yang membuat rumah Si Orang Kaya jadi bersih dan nyaman untuk ditinggali.

Tubuh kita juga seperti itu. Kita memiliki sistem detoks yang membuat tubuh kita jadi bersih. Pada saat ada ‘tamu’ datang, yaitu kita konsumsi sesuatu, makanan tersebut akan meninggalkan sisa-sisa yang tidak dibutuhkan, dan tubuh kita akan mengeluarkannya sehingga tubuh kembali bersih.

Walaupun tubuh kita punya cukup banyak ‘ART’ yang menangani kebersihan, tubuh akan tetap kotor dan sakit jika kita terlalu banyak konsumsi yang tidak sehat, lebih banyak dibandingkan jumlah ‘staff ART’ yang ada. Tapi ingat, walaupun jumlah ‘kotoran dan ketidakrapian’ yang ada juga seimbang dengan jumlah ‘staff ARTnya’, mereka juga akan kewalahan sehingga akhirnya tidak kuat bekerja jika kita terus menerus tanpa henti konsumsi yang tidak sehat.

 

Para Tukang yang Memperbaiki Kerusakan

Karena tuan rumah punya dua anak yang masih kecil, rumah tersebut selain sering berantakan, terkadang juga ada beberapa perabotan yang rusak oleh karena ulah mereka.

Jangankan anak-anak tuan rumah, semua orang yang ada di rumah juga terkadang tidak sengaja merusak perabotan atau barang-barang tertentu. Yah, wajarlah, namanya juga manusia.

Selain human error, terkadang cuaca atau alam juga bisa mengakibatkan kerusakan seperti misalnya kelembaban udara, gempa dan banjir.

Untungnya, Si Orang Kaya juga punya beberapa anak buah yang bisa memperbaiki kerusakan-kerusakan yang terjadi sehingga lingkungan rumah jadi baik kembali.

Nah, itulah yang terjadi dalam tubuh kita. Tuhan telah mengaruniakan sistem perbaikan yang baik sehingga jika ada kerusakan, tubuh akan segera memperbaiki diri sendiri. Contoh: ketika ada luka, maka keluarlah darah yang akan menutup luka dan memperbaiki jaringan yang rusak. Bahkan, organ kita yang rusak juga bisa diperbaiki berkat adanya sistem regenerasi sel.

Apa yang terjadi jika tubuh kita kekurangan para tukang ini, tentu saja tubuh kita akan kekurangan ‘karyawan’ sehingga banyak kerusakan yang tidak diperbaiki dan bermanifestasi dengan munculnya sakit penyakit. Atau mungkin jumlah tukangnya sudah normal, tapi jika kerusakannya TERLALU banyak atau terlalu berat, mereka tentu kewalahan dan perlu waktu yang lama untuk memperbaiki kerusakan yang ada.

 

Makanan Selalu Ada Karena Staf Dapur yang Profesional

Semua orang di rumah tentu butuh makan. Dan kalau makan sehari-hari, tentunya harus yang bergizi dan enak, supaya semua orang tetap sehat dan tetap hidup. Nah, untuk masalah makanan, para staff dapurlah yang bertanggung jawab.

Dari bahan-bahan yang masuk ke tempat perbekalan, merekalah yang menyeleksi, mengolah dan menyajikannya ke semua orang di rumah. Kualitas makanan yang mereka sajikan itu tergantung dari apa yang tersedia di tempat perbekalan dan keterampilan mereka dalam mengolahnya. Jika yang ada di tempat perbekalan terbatas, maka mereka menyajikan makanannya terbatas pula. Jika yang ada berlimpah dan berkualitas, maka mereka menyajikannya dengan berlimpah dan berkualitas pula.

Itulah yang terjadi dalam tubuh kita, ada sistem khusus yang menyediakan semua kebutuhan ‘makan’ tiap sel. Tapi kualitas dan kuantitas makanan tersebut bergantung dari apa yang masuk dalam tubuh kita, yaitu apa yang kita makan dan minum.

 

Pentingnya Istirahat dan Hari Libur di Rumah Orang Kaya

Semua orang butuh libur. Tuan rumah, para ART, para tukang, team keamanan dan para staff lainnya di rumah perlu istirahat dan libur. Jika tidak ada waktu istirahat, semua yang di dalam rumah akan menggila atau jatuh sakit! Semua orang di rumah tersebut juga butuh istirahat RUTIN, tidak boleh memaksakan diri bekerja.

Tubuh kita juga demikian. Itulah mengapa kita perlu tidur yang cukup, perlu puasa dan perlu refreshing dengan piknik, nonton dan aktivitas menggembirakan lainnya. Anda tidak mau menggila dan sakit khan?

 

Tuan Rumah yang Baik, Rumah pun Baik

Kondisi rumah tersebut sangat bergantung dari kepemimpinan tuan rumahnya. Jika Bos nya baik dan bijaksana, semua karyawan akan bisa bekerja dengan baik dan senang melakukan pekerjaannya.

Sama dengan tubuh kita, kitalah Bos-nya. Jika kita bisa dengan baik dan bijaksana mengatur hati, pikiran dan tindakan kita, maka tubuh pun jadi sehat, kuat dan ‘bahagia’.

Kebalikannya pun bisa terjadi. Tubuh bisa sakit-sakitan jika hati, pikiran dan tindakan kita yang salah terus dilakukan.

Nah, menurut Anda, apakah Anda ini Bos yang baik atau tidak?

Dt Awan (Andreas Hermawan)

© Duta Sehat. All rights reserved.

Setup Menus in Admin Panel