madness hamlet essay argumentative essay topics alexander great description of a tree in an essay essay about the searchers
Chat via WA 081353222797 | admin@dutasehat.com

Waspadai Hipotiroid Pada Bayi

Gangguan pada hormon tiroid umumnya tidak disadari oleh masyarakat. Tapi jika ibu yang hamil diketahui memiliki gangguan tiroid hormonal, sebaiknya periksakan kadar hormon bayinya saat lahir karena bisa jadi si bayi terkena hipotiroid.

Hipotiroid adalah suatu kondisi yang ditandai oleh produksi hormon tiroid yang rendah. Hormon ini berfungsi mengatur tingkat metabolisme seseorang sehingga merangsang tubuh agar bisa bekerja sesuai fungsinya.

Ibu hamil yang memiliki penyakit tiroid hormonal bisa menyebabkan bayinya mengalami hipotiroid saat dilahirkan. Jika bayi sampai kekurangan hormon tiroid bisa menyebabkan kecacatan.

Jika bayi diketahui tenang, aman dan semalaman tidak menangis maka jangan dibiarkan saja, karena bisa jadi bayi tersebut mengalami hipotiroid terutama jika si ibu memiliki gangguan tiroid.

Untuk itu diperlukan pemeriksaan hormon saat bayi tersebut dilahirkan agar diketahui apakah mengalami gangguan hormon atau tidak. Serta untuk mencegah kekurangan hormon yang belanjut.

Penanganan yang dilakukan jika seseorang mengalami hipotiroid adalah mengonsumsi obat yang bisa membantu meningkatkan jumlah hormon tiroid di dalam tubuhnya. Tapi pada ibu hamil obat ini bisa berpengaruh.

“Obat tiroid yang dikonsumsi oleh ibu hamil tidak bisa disaring, jadi obat ini akan ditransfer ke bayi yang dikandungnya melalui plasenta,” ujar dr Suharko Soebardi, SpPD-KEMD dalam acara konferensi pers Tingkatkan Kepedulian Masyarakat Terhadap Kasus Metabolik dan Endokrin untuk Mencegah Komplikasi Kronik yang Diakibatkannya, di Hotel Nikko Jakarta, Rabu (8/6/2011).

Baca juga: Akhirnya Saya Sembuh dari Hipertiroid

dr Suharko menuturkan masalah tiroid mewakili sebagian besar penyakit endokrin atau yang berhubungan dengan hormon. Masalah yang terjadi bisa berhubungan dengan perubahan ukuran kelenjar tiroid atau gangguan hormonal.

“Penyakit tiroid lebih banyak dialami oleh perempuan dibanding laki-laki dan gejalanya seringkali tidak diperhatikan oleh pasien sehingga luput dari diagnosis,” ujar dr Suharko yang merupakan staf medik divisi metabolik endokrin Departemen Iilmu Penyakit Dalam FKUI RSCM.

Sumber: DetikHealth

 

PS: Anda bisa melihat artikel-artikel lainnya tentang hipotiroid DI SINI.

 

Viralkan supaya bermanfaat bagi orang lain!

Tentang Duta Sehat

Duta Sehat adalah komunitas untuk belajar sains medis holistik dengan materi utama tentang sains nutrisi dan herbal. Bukan sekedar belajar sains kesehatannya, Anda juga akan diajarkan tentang mengembangkan bisnis kesehatan dan kecantikan alami secara online maupun offline.

>> Selengkapnya <<

Daftar Newsletter Kami!

Dapatkan update artikel, tips atau berita via email dengan cara mendaftarkan email Anda di sini.
top
© Duta Sehat. All rights reserved.

Setup Menus in Admin Panel

New Report

Close

Mulai chat
Klik untuk chat via WA
Hai, silahkan klik untuk chat via WA :)
X