Kontak WA Admin: 081353222797

Mengenal Penyakit Hipertiroid yang Diderita Jet Li

Aktor laga asal China, Jet Li, dikabarkan menderita penyakit hipertiroid. Kabar ini semakin santer terdengar setelah foto pria berusia 55 tahun itu tersebar dan membuat heboh.

Dalam foto tersebut penampilan Jet Li tampak cukup menyedihkan dan begitu berbeda dari biasanya. Ia terlihat jauh lebih tua, lemah, kurus, dan rambutnya sudah jadi botak. Ia seolah menderita penyakit tertentu sehingga membuat tubuhnya ringkih.

Padahal, sebelumnya Li selalu tampak muda dan gesit. Bahkan ia masih bisa melakukan adegan-adegan laga dalam film League of Gods yang dirilis pada 2016 lalu.

Melihat foto Jet Li yang tampak begitu berbeda, warganet pun bertanya-tanya, apa benar sosok dalam foto tersebut adalah Jet Li?

Manajer Li, Steven Chasman, mengonfirmasi kepada The Washington Post bahwa sosok dalam foto tersebut adalah Jet Li. Ia menjelaskan, aktor yang lahir di Beijing itu memang sudah hampir 10 tahun ini menderita hipertiroid.


Jet Li terlihat jauh lebih tua (Foto: Dok. The Straits Times)

 

Mengenal Kelenjar Tiroid

Sebelum mengenal hipertiroid, ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui apa itu tiroid.

Tiroid adalah kelenjar endokrin yang terletak di leher bagian depan dan terdiri atas dua bagian, lobus kanan dan lobus kiri. Masing-masing lobus memiliki panjang sekitar lima sentimeter dan menyatu di tengah. Kalau dilihat, bentuk tiroid mirip dengan kupu-kupu.

Kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid berupa tiroksin (T4) dan triliodotironin (T3). Hormon ini berperan dalam proses metabolisme dan aktivitas fisiologis pada hampir semua sistem organ tubuh manusia. Apabila terjadi kelebihan ataupun kekurangan hormon tiroid, proses metabolisme dan aktivitas fisiologis tubuh dapat terganggu.

 

Mengenal hipertiroid

Hiperteroid adalah kondisi berlebihnya jumlah hormon tiroid. Kondisi ini dapat terjadi apabila kelenjar tiroid memproduksi terlalu banyak hormon tiroid.

Menurut American Thyroid Association, 70 persen kasus hipertiroid disebabkan oleh penyakit Graves. Penyakit Graves disebabkan karena fungsi imun tubuh yang terganggu, sehingga sistem imun menyerang kelenjar tiroid dan menyebabkan tiroid memproduksi hormon secara berlebihan.

Baca juga: Akhirnya Saya Sembuh dari Hipertiroid

Selain karena penyakit Graves, hipertiroid juga bisa terjadi akibat infeksi yang menyebabkan peradangan pada kelenjar tiroid. Infeksi ini kemudian menyebabkan kebocoran tiroksin yang mengakibatkan pembengkakan tiroid dan berlebihnya jumlah hormon tiroid yang diproduksi.

 

Gejala Hipertiroid yang Tampak pada Jet Li

Menurut situs Alodokter, ada beberapa gejala umum yang dialami oleh penderita hipertiroid, salah satunya adalah seperti yang tampak dialami oleh Li dalam foto, yakni kebotakan. Sebab, penderita hipertiroid memang bisa mengalami kerontokan rambut.

Selain kerontokan rambut, penderita hipertiroid juga bisa mengalami penurunan berat badan tanpa alasan, menjadi lebih emosional, insomnia, otot terasa lemas, berkeringat secara berlebihan, penurunan konsentrasi, dan tremor.

Di samping perubahan-perubahan di atas, hipertiroid yang disebabkan oleh penyakit Graves juga dapat menyebabkan mata jadi lebih sensitif, bengkak, kemerahan, dan terlihat seolah selalu melotot.

Meski diakui tengah berjuang melawan hipertiroid, Chasman sebagai manajer Li mengatakan kondisi tersebut tidak mengancam jiwa Li dan aktor tersebut bisa menghadapinya. Chasman menduga, kondisi Li yang terlihat menyedihkan sebenarnya hanya karena tipuan kamera.

Menurut kamu sendiri terhadap foto di atas, apakah kondisi fisik Jet Li memang telah berubah atau itu hanya efek kamera?

Sumber: Kumparan.com

PS: Untuk mendapatkan Paket Terapi khusus gangguan tiroid silahkan Anda menghubungi kami dengan klik DI SINI.

09/10/2018
© Duta Sehat. All rights reserved.

Setup Menus in Admin Panel