VCO yang baik adalah jernih, tidak ada endapan, dan tidak berwarna. VCO yang berwarna kuning menandakan proses produksinya kurang baik karena menggunakan pemanasan sehingga kualitasnya kurang baik.

Tapi jika Anda menggunakan VCO yang berwarna kekuningan untuk memasak itu sudah cukup baik dibandingkan Anda memakai minyak goreng lainnya. Harga VCO kekuningan jauh lebih murah dibandingkan yang putih bening seperti air.

Bila memungkinkan, konsumen disarankan juga untuk mengecek bau dan rasanya. VCO yang baik tidak berbau tengik serta memiliki bau dan rasa khas minyak kelapa yang lembut. VCO yang berbau tengik jangan dibeli karena telah rusak, mungkin akibat proses produksinya yang tidak baik (misalnya melalui pemanasan) atau penyimpanannya kurang baik (misalnya disimpan pada ruangan yang terlalu panas atau di tempat yang kotor sehingga tercemar bau dari lingkungan sekitarnya).

 

VCO dalam Bentuk Softcapsule

Beberapa produsen VCO memang sudah ada yang menjual produknya dalam bentuk softcapsule atau softgel. Secara teknis VCO memang bisa dikemas dalam bentuk softcapsule. Namun kemasan seperti memiliki beberapa kelemahan yaitu bentuk softcapsule memperlambat penyerapan VCO di dalam tubuh karena tubuh memerlukan waktu ekstra untuk menghancurkan kemasan softcapsule sebelum cairan VCO diserap ke dalam tubuh.

Kelemahan lainnya adalah harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan bentuk cair karena produsen harus mengeluarkan investasi tambahan untuk pembelian bahan dan peralatan pembuatan softcapsule.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah bahwa ada bahan-bahan tambahan lain dalam pembuatan softcapsule yang kemungkinan tidak diharapkan oleh konsumen. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat cangkang kapsul, misalnya gelatin, D-sorbitol, gliserol/gliserin, surfaktan, air, asam sitrat, dan pewarna. Gelatin yang lerbuat dari bahan hewani tentu saja tidak dikehendaki oleh para vegetarian dan yang terbuat dari kulit atau daging babi tidak dikehendaki oleh konsumen muslim.

Sementara sorbitol atau disebut juga glucitol adalah gula alkohol. Sorbitol ternyata tidak baik untuk penderita diabetes karena kelebihan sorbitol pada sel-sel mata dan saraf dapat menimbulkan komplikasi retinopati dan neuropati. Oleh karena itu, penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi VCO dalam bentuk cairan minyak saja dan lebih baik menghindari konsumsi bentuk softcapsule-nya.

Meskipun demikian, kemasan VCO dalam bentuk softcapsule juga masih memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan bentuk cairan, yaitu sebagai berikut.

  • Lebih praktis, mudah dibawa ke mana-mana terutama bagi mereka yang sangat aktif beraktivitas dan bepergian.
  • Lebih tahan lama dalam penyimpanan karena terbungkus rapat dalam kapsul sehingga terhindar dari cahaya dan oksidasi.
  • Lebih cocok bagi mereka yang tidak menyukai rasa dan bau minyak kelapa.
  • Lebih tepat dalam penggunaan dosis karena takaran per kapsul sudah jelas, misalnya 1.000 mg/kapsul. Ini berbeda dengan takaran dalam bentuk sendok makan yang volumenya sangat bervariasi antara 4—8 ml per sendok makan.
  • Tidak mudah dipalsukan.

Bila Anda lebih tertarik untuk mengonsumsi VCO dalam bentuk softcapsule, yang perlu Anda perhatikan adalah dosisnya, harus setara dengan dosis dalam bentuk cairannya. Misalnya bila Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi VCO 1 sendok makan (sdm) maka itu setara dengan sekitar 5 softcapsule @ 1.000 mg.

 

VCO dengan Kualitas Premium

Perbedaan VCO biasa dengan yang premium selain warnanya sangat jernih seperti air putih, rasanya juga sangat lembut. Bahkan bukan hanya dari segi rasa, kemampuannya untuk menyembuhkan penyakit-penyakit berat juga lebih cepat terlihat hasilnya dan prosentase kemanjuran juga lebih tinggi.

VCO dengan kualitas premium harganya biasanya lebih mahal dibandingkan VCO yang biasa.

Ibarat mobil mewah dengan mobil biasa, keduanya memiliki perbedaan yang mencolok dari segi harga, penampilan, performa dan ketahanannya.

Ketika Anda menghadapi masalah kesehatan yang berat dan membandel, sangat disarankan untuk mengkonsumsi VCO dengan kualitas premium atau super, supaya usaha pengobatan Anda tidak sia-sia.

Jika Anda ragu dengan kualitas VCO di luar sana, Anda bisa mendapatkannya di kami dengan cara klik DI SINI.

 

©2019 DutaSehat.com all rights reserved.

WhatsApp chat

Masuk dengan data akun Anda

atau    

Lupa rincian login Anda?

Buat Akun