Goodway Eating merupakan metode pola makan yang lebih dari sekedar back to nature (kembali ke alam), yaitu back to God’s design (kembali ke rancangan Tuhan).

Dengan menerapkan pola makan GE (Goodway Eating), Anda akan mendapatkan kesehatan lebih baik, bahkan bisa terbebas dari permasalahan seperti obesitas, diabetes, sakit jantung, HIV/AIDS, hipertensi, kolesterol tinggi, maag, hepatitis, stroke, dan masih banyak lagi lainnya.

Bukan hanya masalah jasmani, menerapkan GE juga akan meningkatkan ibadah Anda kepada Tuhan!

Jika Anda mempertimbangkan GE (Goodway Eating), Anda mungkin ingin mulai merasakan manfaat luar biasa sekarang, tetapi tidak yakin apakah Anda dapat melakukan semua perubahan ini. Terutama jika Anda sudah biasa makan makanan orang jaman sekarang, GE tampaknya seperti perombakan total.

Bagi orang tertentu, mempraktekkannya sekaligus 100% mungkin saja dilakukan. Tapi kebanyakan orang biasanya tidak bisa mendadak mengalami perubahan langsung 100%.

Kebanyakan orang lebih sukses membuat perubahan kecil yang bertambah. Menambahkan langkah-langkah mudah saat Anda siap akan membantu Anda merangkul perubahan, bukannya menolaknya, terutama ketika Anda merasakan peningkatan yang nyata dengan setiap penyesuaian gaya hidup.

Prinsip utama GE adalah: Makin asli, makin baik. Utamakan kualitas di atas kuantitas.

Prinsip utama tersebut dibagi lagi menjadi 4 prinsip dasar, yaitu:

  1. Eat Real

Eat real artinya apa yang Anda makan benar-benar makanan asli untuk manusia, bukan makanan sintetis atau jauh dari sifat aslinya. Gampangnya adalah apa yang ada 200 tahun lalu, makanlah itu. Apa yang tidak ada 200 tahun lalu (makanan sintetis, minyak refinasi, GMO, soft drink, zat aditif sintetis), jauhi itu.

  1. Eat Clean

Artinya adalah makanlah makanan yang tidak tercemar pestisida, zat perasa dan pengawet buatan, tidak tercemar hormon sintetis, antibiotik dan hal-hal lainnya yang dianggap “sampah” oleh tubuh kita. Jadi ini bukan sekedar tentang sanitasi makanan saja.

  1. Eat Right

Artinya makan dengan benar, seperti misalnya: makan secukupnya, jangan rakus, dalam sehari makan jangan terlalu sering, kunyah makanan secukupnya, makan harus melihat kondisi tubuh, dan kasih jeda makan dengan puasa.

  1. Eat Happy

Artinya makan harus menikmati makanan tersebut dengan rasa syukur, damai dan bahagia. Makanlah yang Anda suka, enak tapi sehat, sehingga roh, jiwa dan tubuh Anda bahagia.

Nah, penjabaran ringkas dari 4 prinsip di atas bisa Anda lihat dari 12 langkah mempraktekkan GE.

Berikut adalah GE dalam 12 langkah yang dapat Anda praktekkan bertahap, sesuai dengan tingkat kenyamanan Anda sendiri:

 

(1) Sebisa Mungkin Organik

Goodway Eating (GE) bertujuan menjaga agar racun tetap rendah, sehingga kualitas makanan Anda terjaga, oleh karena itu usahakan untuk mendapatkan makanan yang organik. Makanan organik bebas dari cemaran kimia dan manipulasi genetik seperti GMO.

Tapi jika Anda tidak bisa mendapatkan yang organik, Anda bisa merendam daging, sayur dan buah Anda ke dalam air yang telah diberikan baking soda, garam laut asli atau tanah liat selama 10-20 menit.

Jika Anda ingin mematikan banyak kuman pada makanan, larutan tersebut bisa Anda tambahkan dengan cuka 1 sendok makan.

Favorit saya adalah memakai tanah liat dimana tanah liat sangat kuat untuk menyerap pestisida dan toksin lainnya yang ada di makanan Anda.

 

(2) Makanan Harus Mudah Dicerna dan Bergizi Tinggi

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan supaya apa yang Anda makan mudah dicerna dan bergizi tinggi, yaitu seperti di bawah ini.

Ganti Daging dan Telur Ayam Negeri dengan Daging dan Telur Ayam Kampung

Daging dan telur ayam negeri/broiler telah tercemar dengan antibiotik dan hormon sintetis untuk pemeliharaan ayam tersebut. Jika Anda sering mengkonsumsi daging dan telur ayam negeri, cemaran antibiotik dan hormon sintetis tersebut akan berakumulasi di tubuh Anda.

Akumulasi cemaran tersebut akan menimbulkan efek samping seperti kuman kebal antibiotik, gangguan pencernaan, gangguan kulit (alergi), pubertas dini (pada anak), gangguan neurologis, meningkatkan resiko kanker, dan obesitas.

 

Ganti Beras Putih dengan Beras Merah, Coklat atau Hitam

Apabila Anda bangsa Asia, sudah pasti sudah “kecanduan” makan nasi. Nasi dari beras putih hibrida ini merusak setelan selera makan Anda, menyebabkan Anda mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang Anda butuhkan (lapar terus). Goodway akan mengenyangkan Anda dengan lemak alami, serat, protein, dan karbohidrat utuh yang membakar dengan lambat.

Untuk supaya hormon insulin tidak terlalu membanjiri tubuh Anda, gantilah beras putih dengan beras merah, beras coklat atau beras hitam. Tapi jika Anda butuh menambah berat badan dan tidak ada masalah diabetes, Anda aman menggunakan beras putih yang organik, bukan beras yang biasa.

Porsi beras putih organik, beras merah, beras coklat atau hitam yang aman adalah 50% dari porsi lainnya (protein, sayur, lemak).

Kenapa GE tidak melarang konsumsi karbohidrat banyak seperti diet ketogenik? Karena Tuhan yang menciptakan karbohidrat untuk kita makan dan tidak mungkin Ia mendesain apa yang kita makan tersebut tidak aman dan ada efek sampingnya. Karbohidrat aman untuk dikonsumsi asalkan ia organik dan utuh, yang artinya masih asli ciptaan Tuhan, bukannya karbohidrat yang sudah diotak-atik manusia. Karbohidrat organik juga aman dikonsumsi sejauh kita tidak rakus dan tahu kondisi tubuh kita sendiri.

Buktinya, manusia jaman dulu konsumsi karbohidrat organik yang banyak dan mereka sehat-sehat saja dan tidak gemuk tanpa hitung kalori khan? Yang penting mereka makannya organik, tidak berlebihan mengolahnya dan tidak rakus.

Anda bisa mempelajari topik karbohidrat ini lebih jelas di artikel saya yang berjudul “Berpikir Holistik: Apakah Karbohidrat Itu Buruk?”.

 

Ganti Garam Meja dengan Garam Laut Asli

Garam yang diperjualbelikan dipasaran saat ini hanya merupakan sodium klorida dan bukanlah garam ‘asli’. Oleh karena perkembangan industri, garam alami kita telah “dibersihkan secara kimiawi” dan elemen yang diambil hanyalah sodium dan klorida.

Perusahan-perusahan besar memanaskan garam mereka dalam tempat pengeringan dengan suhu mencapai 1200 derajat Fahrenheit, sehingga merubah struktur kimiawi garam dan dimana nantinya berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita. Garam meja yang kita pakai untuk memasak pada umumnya hanya memiliki 2 atau 3 elemen mineral. Air laut memiliki 84 elemen mineral. Untuk supaya tubuh kita tetap sehat, kita memerlukan semua elemen tersebut. Ketika kita mengkonsumsi garam meja, kita kekurangan 81 elemen yang berarti akan membuat kita makin lama makin lemah, tidak seimbang dan gampang sakit.

Sebuah penelitian selama 8 tahun di New York terhadap pemberian garam asli bagi penderita hipertensi menemukan bahwa mereka yang mendapat diet rendah garam memiliki kemungkinan 4 kali lebih besar akan serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang mendapatkan diet garam normal. Hal ini sangat bertentangan dengan kepercayaan yang ada tentang garam dan hipertensi. Dr. Jeffrey R. Cutler mendokumentasikan bahwa tidak ada keuntungan bagi kesehatan kita jika kita mengambil diet rendah garam (garam asli yang tidak dimurnikan oleh pabrik modern).

Seperti apakah garam laut asli itu?

Garam laut asli biasanya berbentuk kasar seperti kerikil dan biasanya tidak bermerek. Contoh garam laut asli yaitu garam krosok, garam akuarium dan garam import Himalaya.

Anda bisa belajar lebih detail tentang garam di materi “Garam Yang Sehat Bukan Garam Meja Beryodium.”

 

Makin Segar Makin Baik

Tahukah Anda bahwa sayur dan buah yang disimpan lama dan makin tidak segar akan berkurang pula nutrisinya?

Apalagi dengan daging, makin tidak segar, artinya proses pembusukan berlangsung dan cemaran bakteri pun tinggi.

Jadi sebisa mungkin untuk memasak atau mengkonsumsi bahan makanan Anda sesegar mungkin.

Satu hal lagi yang berhubungan dengan kesegaran makanan adalah Anda tidak memasak atau mendaur ulang lagi makanan yang kemarin dimasak.

 

Makin Sedikit Dimasak (Dipanaskan) Akan Lebih Baik

Hindari memasak makanan terlalu lama karena panas merusak kandungan enzim dan vitamin dalam makanan tersebut. Apalagi dengan cara deep fried (goreng kering) atau memanggangnya, bukan hanya gizinya rusak, makanan tersebut malah akhirnya mengandung zat-zat yang bisa menyebabkan kanker dan juga zat-zat yang tidak baik untuk pencernaan serta jantung Anda.

Tapi ada juga trik bagaimana memanggang yang lebih sehat dibandingkan merebus dan menggoreng, yaitu rendam dulu daging yang akan dipanggang ke dalam racikan bumbu selama 2-6 jam (marinate). Detail tentang teknik marinate ini bisa Anda baca di topik “Memanggang yang Benar Lebih Sehat Dibandingkan Merebus dan Menggoreng”.

Teknik yang lebih sempurna lagi adalah jika Anda memakannya mentah atau tidak dimasak. Pola makan seperti ini biasa disebut dengan raw food diet. Contoh: lalapan, salad, rujak manis adalah sajian raw food yang enak dan umum dinikmati.

Walaupun makan mentah itu disarankan, tapi tidak disarankan selalu makan mentah 100%. Kenapa demikian?

  1. Karena Tuhan tidak sendiri tidak memerintahkannya atau bahkan tidak menganjurkannya di semua agama dunia. Para nabi dari berbagai agama juga tidak 100% raw food.
  2. Tuhan sudah mendesain sistem pencernaan dan metabolisme Anda sedemikian rupa untuk bisa memproses makanan yang dipanaskan dengan baik yang penting tidak berlebihan.
  3. Tidak semua makanan aman dikonsumsi mentah/tanpa dipanaskan.
  4. Makan itu penting, tapi bukanlah satu-satunya yang penting. Artinya ada fokus yang lebih utama lagi dan juga harus difokuskan ketimbang urusan makan, seperti misalnya istirahat, kerja, bersosialiasi, belajar, dll.
  5. Ada yang jauh lebih penting dikejar kesempurnaannya dibandingkan urusan makan, yaitu akhlak Anda. Anda mungkin punya waktu untuk melakukan semua urusan termasuk urusan makan, tapi Anda tidak akan bisa “membagi hati” untuk semua urusan. Yang satu Anda fokuskan, yang satu lagi mungkin akan Anda lupakan/lalaikan.

 

Makin Sederhana Makin Baik

Jika Anda perhatikan hewan-hewan liar, mereka mengkonsumsi satu jenis makanan saja saat sekali makan. Beda sekali dengan manusia, sekali makan, jenis yang disantap bervariasi yaitu protein, karbohidrat dan lemak yang sumbernya dari beberapa bahan makanan. Contoh: dalam satu porsi makan ada nasi, daging ayam, wortel, brokoli, tomat, kentang, telur, bumbu rempah-rempah, garam, dll. Belum lagi pencuci mulutnya kue yang manis dimana bahannya juga bervariasi. Terus mungkin ditambah es teh.

Tubuh kita memang bisa mencerna semua itu, tapi itu memberatkan sistem pencernaan kita. Perlu lebih banyak enzim, vitamin, mineral, serat, hormon, air, minyak, asam, energi dan sebagainya untuk mencerna itu semua. Makin bervariasi makanannya, makin banyak pula semua yang saya sebutkan tadi terpakai.

Jika Anda ingin lebih sehat, lebih awet muda dan lebih berenergi, sederhanakanlah menu Anda. Ini bukan berarti Anda makan sedikit, bukan. Yang Anda butuhkan adalah makan secukupnya tapi memiliki nilai gizi yang tinggi dan kompleks.

Itulah sebabnya beberapa metode makan tertentu berhasil membuat orang lebih sehat dan lebih langsing, seperti misalnya food combining, diet vegan dan diet karnivora.

 

Jangan Keseringan Makan

Kita hidup di jaman dimana camilan dan fast food mudah didapatkan. Akses yang mudah terhadap makanan menggoda kita untuk terus makan, seolah-olah hidup adalah untuk makan, bukannya makan untuk hidup.

Makan menu besar lebih dari 3 kali apalagi ditambah sering nyemil, akan meningkatkan lonjakan hormon insulin yang beruntun. Lonjakan hormon insulin ini sebenarnya normal dan wajar, tapi tidak baik jika terjadi terus-menerus dalam jangka panjang karena akan membuat tubuh Anda lelah dan meningkatkan resiko resistensi insulin, yaitu tubuh tidak bisa memproses hormon insulin dengan baik. Jika resistensi insulin ini terjadi, maka Anda bisa menderita diabetes tipe 2, obesitas, sakit jantung, pelemakan hati, kolesterol tinggi, hipertensi, dan sebagainya.

Jadi, biasakanlah Anda makan besar yang berkualitas 2-3 kali saja dan jarang nyemil. Ini bukan berarti dilarang sering makan sama sekali ya. Bukan begitu, ini hanya masalah kebiasaan saja. Tapi memang akan lebih bagus lagi jika Anda bisa konsisten makan besar berkualitas 2-3 kali saja, tanpa nyemil.

 

Hindari Susu Sapi Merek Apapun

Jika Anda bukan balita lagi, itu artinya Anda tidak perlu lagi susu. Coba Anda perhatikan dunia hewan mamalia liar. Semua mamalia liar hanya minum susu saat masih bayi. Ketika dewasa mereka stop minum susu induknya.

Bagaimana dengan manusia? Manusia satu-satunya makhluk yang masih minum susu dan “merasa” wajib minum susu sapi sampai mati demi kesehatan tulangnya!

Tuhan sebenarnya tidak merancang semua makhluk mamalia untuk minum susu seumur hidup dan memang tidak salah jika manusia dewasa minum susu sapi. Walaupun laktosa dari susu sapi susah dicerna dengan baik oleh manusia dewasa, tapi tetap saja kita masih bisa mencernanya.

Namun saya perlu mengingatkan bahwa susu sapi jaman dulu beda sekali dengan susu sapi jaman sekarang. Sapi jaman dulu tidak tercemar antibiotik, pestisida dan suntikan hormon sintetis jadi mengkonsumsi susunya masih aman-aman saja bagi manusia dewasa.

Beda sekali dengan sapi jaman sekarang, telah tercemar dengan suntikan antibiotik, suntikan hormon sintetis, serta pakan yang tidak organik dan tercemar pestisida.

Jadi jika Anda ingin lebih sehat, lebih baik hindari saja susu sapi kecuali susu sapi organik mentah, keju, yogurt dan susu kefir.

 

Jauhi yang Tidak Sehat

Hindari segala macam makanan fast food atau junk-food seperti misalnya burger, hot-dog, French frice, spaghetti, fried chicken, dan lain-lain. Indonesia juga memiliki junk-food sendiri seperti misalnya gulai kambing, mie ayam, bakso, pangsit mie, dan gorengan.

Kenapa mereka semua disebut junk-food adalah karena:

  • Beberapa dari mereka mengandung zat-zat karsinogen artinya menyebabkan kanker. Apalagi yang digoreng dengan minyak trans, kandungan zat karsinogen-nya cukup tinggi, terlebih makanan yang digoreng terlalu lama dan minyaknya tidak diganti-ganti.
  • Minyak tak jenuh-nya yang telah diolah secara kimia (minyak trans) tidak baik untuk kesehatan jantung.
  • Semuanya BANYAK mengandung zat-zat aditif (penyedap rasa, pewarna, dan pengawet sintetis) yang tidak baik untuk syaraf, tiroid, otak, jantung, ginjal, dan bisa menyebabkan kanker. Walaupun tubuh kita memiliki sistem untuk membuang racun, tapi kita harus ingat bahwa kemampuan tubuh untuk membuang racun juga terbatas. Dalam ambang batas tertentu, zat-zat aditif tersebut akan menumpuk di dalam tubuh kita.

Walaupun kadar zat-zat aditif tersebut sesuai dengan takaran aman yang resmi, tapi jika kita RUTIN mengonsumsinya, tubuh akan mengalami kesulitan untuk mengeluarkannya. Ini sama saja dengan “menabung” penyakit sedikit demi sedikit.

 

(3) Kendalikan Diri dan Jangan Rakus

Makan secukupnya, tidak kurang dan tidak lebih. Segala sesuatu yang sehat bisa jadi tidak sehat jika dikonsumsi berlebih, dan yang sehat bisa tidak dirasakan manfaatnya jika dikonsumsi kurang.

Dengarkan tubuh Anda, makanlah saat Anda lapar saja.

Ingat untuk fokus pada kualtas makanan, bukan kuantitas!

Ketika Anda lapar, tubuh Anda tidak selalu menginginkan makanan, ia menginginkan nutrisi. Jika Anda memberinya makanan yang miskin nutrisi, otak dan tubuh Anda tidak akan pernah merasa benar-benar kenyang.

Kuncinya adalah memberi makan diri sendiri makanan yang segar, aman dan tinggi nutrisi serta memuaskan rasa lapar Anda. Di Goodway, Anda cukup makan saat lapar. Dan jika Anda tidak lapar di pagi hari, Anda mungkin bisa bereksperimen dengan “berpuasa.”

 

(4) Menghilangkan Gula Pasir dan Pemanis Buatan

Gula yang dilarang adalah gula olahan/refinasi dari tanaman tebu dan gula fruktosa jagung, seperti misalnya gula pasir, gula halus (bubuk), corn syrup, dan gula tebu olahan cair. Pemanis buatan seperti misalnya aspartame juga dilarang.

Untuk keperluan pemanis, Anda bisa memakai pemanis stevia (herbal), tebu peras, gula aren atau madu asli yang berkualitas.

Langkah ini diutamakan karena menghilangkan gula refinasi dan pemanis buatan memberi dampak besar pada perasaan Anda. Karena gula memiliki kualitas adiktif yang sama seperti obat-obatan dan alkohol, melepaskannya sejak dini akan membuat setiap langkah setelah itu lebih mudah.

 

(5) Konsumsilah Lemak yang Sehat

Apa Anda biasanya dilarang makan daging yang banyak lemaknya? Sekarang tidak perlu khawatir lagi dan justru GE menganjurkan Anda untuk konsumsi daging berlemak dan hal ini adalah aman, terbukti ilmiah dan masuk akal, dibandingkan “sains lama” yang menyuruh Anda menghindari lemak daging.

Menambah kalori dengan lemak sehat seperti mentega, minyak kelapa, almond oil, cocoa butter, lemak hewan dan minyak zaitun akan mengurangi rasa lapar dan memberi Anda lebih banyak energi.

Memang ada lemak di luar sana yang memicu peradangan, membuat Anda lemah dan sakit. Hindari lemak jahat seperti minyak jagung, minyak kedelai, minyak canola, minyak kelapa sawit refinasi dan minyak trans lainnya.

 

80% Pengurangan Lemak Tubuh Itu dari Makanan, Bukan Olahraga

Kalau mau berat ideal dan sehat, kuncinya adalah makan makanan yang benar, bukan mengurangi makanan. Mengurangi makan dan menambah olahraga tidak akan mempan!

 

Anda Bisa Makan Makanan Berlemak Sekaligus Menurunkan Berat Badan

Jika ingin turun berat badan sekaligus sehat, Anda justru harus konsumsi makanan yang berlemak. Tapi jangan sembarang lemak karena ada lemak yang sehat dan ada yang tidak sehat. Ada lemak yang menaikkan berat badan, ada juga lemak yang menstabilkan berat badan.

Contoh lemak/minyak yang bakal menambah berat badan dan tidak baik untuk kesehatan adalah canola oil, corn oil, minyak kelapa sawit dengan penyulingan berkali-kali, dan minyak kedelai.

Contoh lemak/minyak yang menyehatkan dan menstabilkan berat badan adalah minyak kelapa, minyak zaitun, minyak ikan, minyak krill, minyak wijen, lemak hewan jenuh, minyak almond, dan cocoa butter.

 

(6) Tanpa Penguat Rasa, Pengawet, Perasa dan Pewarna Sintetis

Jaman sekarang dimana-mana kita menemukan zat-zat aditif sintetis untuk makanan seperti misalnya penguat rasa, pengawet, perasa dan pewarna buatan. Menghindarinya memang susah tapi tidak mustahil.

Dengan memasak makanan kita sendiri akan memudahkan Anda menghindari zat-zat aditif sintetis tersebut. Tapi jika kita tidak bisa menghindari 100%, setidaknya kita berusaha meminimalkannya sekecil dan sejarang mungkin sehingga tubuh kita punya kesempatan untuk mendetoksnya (mengeluarkannya).

Apa saja dampak negatif zat-zat aditif sintetis ini jika kita banyak dan rutin mengkonsumsinya? Diantaranya adalah gangguan syaraf dan kerja otak, obesitas, kanker, alergi, hiperaktif, diabetes, kurangnya produksi sel darah merah, dan menghambat pembelahan sel.

 

(7) Cukupi Kebutuhan Air Anda

Sudah bukan rahasia lagi bahwa manusia butuh air dan tidak bisa hidup tanpanya.

Seperti apakah air yang sehat dan ideal itu? Air yang sehat dan ideal adalah air pegunungan asli yang tidak terfilter oleh mesin dan tidak tercemar. Selain air pegunungan juga air tanah yang masih asli dan tidak tercemar. Air seperti inilah yang sudah dari sejak awal penciptaan dikonsumsi oleh umat manusia dan ini semua sehat, sesuai dengan rancangan Tuhan.

Tuhan itu tidak bodoh dan ciptaanNya sempurna, termasuk air “liar dan perawan” di alam ini. Saking sempurnanya, ia sangat aman dikonsumsi manusia sejak awal penciptaan sampai sekarang. Jika tidak aman, sudah pasti umat manusia sudah punah karena air yang “tidak steril dan tidak sehat”. Betul?!

Tapi sayang, air yang masih “asli” seperti ini agak susah kita dapati, apalagi buat orang kota dan daerah padat penduduk. Tanah di daerah padat penduduk telah dicemari dengan obat-obatan, sabun, kimia pembersih, kosmetik sintetis, pestisida dan bahan-bahan kimia lainnya ciptaan manusia.

Jika Anda tinggal di daerah padat penduduk, Anda tidak bisa memastikan keamanan air sumur atau air tanahnya. Jika Anda tidak ahli dalam mengetahui air tanah di daerah Anda sehat atau tidak, lebih baik jika Anda meminum air suling, kangen water, atau air kemasan lain.

Berapa gelas Anda harus minum air dalam sehari? Itu tergantung aktivitas, iklim, dan kondisi kesehatan Anda sendiri. Jangan sama ratakan semua manusia harus minum 8 gelas sehari ya. Gelas anak kecil beda dengan gelas orang dewasa. Takaran yang ginjalnya sehat juga beda yang ginjalnya sakit. Jumlah air yang diminum saat beraktivitas tinggi juga beda jumlahnya saat sedang bermalas-malasan.

Jadi berapa gelaskah yang harus diminum? Jumlah yang Anda harus minum adalah secukupnya, minum saat Anda merasa haus dan masih haus.

 

(8) Perbaiki Kualitas Makan Malam Demi Tidur Nyenyak dan Vitalitas Esok Hari

Sebagian besar energi Anda untuk pagi dan siang bukan berasal dari sarapan tetapi dari makan malam Anda sebelumnya.

Semakin makan malam Anda bergizi, semakin banyak yang bisa Anda lakukan atau lebih lama tanpa makan di hari berikutnya.

Makan malam berkualitas dapat membantu melepaskan endorfin, meningkatkan kualitas tidur, mengurangi rasa lapar di hari berikutnya, dan menyediakan energi untuk kegiatan di pagi berikutnya.

 

(9) Kenali Kondisi Saat Ini

Apa yang bisa dan aman Anda makan itu juga tergantung kondisi kesehatan Anda saat ini. Begitu juga dengan jumlah atau porsinya. Walaupun Anda punya stok makanan organik dan sehat, belum tentu bisa Anda makan dalam kondisi kesehatan tertentu.

Contoh:

  • Anda diare, berarti Anda tidak bisa makan cabai dulu walaupun cabainya organik.
  • Anda obesitas, berarti Anda tidak bisa konsumsi nasi putih dulu walaupun nasinya itu dari beras putih organik. Lebih aman jika Anda menggantinya dengan beras merah, beras cokelat, atau beras hitam organik, dan itupun juga dalam porsi sedikit.

 

(10) Lakukan Goodway Fasting Setidaknya 2 Kali Seminggu

Goodway Fasting (GF) menekan pengaktifan proses autophagy, yaitu proses dimana sel tubuh kita yang menghancurkan, mendaur ulang dan memakan sel dalam tubuh yang rusak, mati, tidak bisa diperbaiki, terserang penyakit atau tidak normal.

Proses autophagy ini sangat bermanfaat sekali untuk kasus kesehatan seperti gangguan hormonal, obesitas, penyakit degeneratif termasuk kanker. Ada yang berpendapat bahwa proses autophagy bisa diaktifkan kalau kita berpuasa selama 12-24 jam puasa. Tapi dalam metode GF, untuk memastikan proses autopaghy ini benar-benar terjadi (bukan asumsi), kita akan mempraktekkannya minimal 16 jam puasa.

Dengan demikian, cara menerapkan GF yaitu berpuasa tidak makan apapun selama 16 jam, kecuali minum air putih, karena air putih tidak membatalkan proses autophagy. Contoh: Setelah Anda makan malam jam 19.00, Anda baru bisa buka puasa 16 jam kemudian yaitu jam 11.00 siang. Jadi di sini Anda melewatkan sarapan pagi, langsung memulai makan siang di jam 11.00 tersebut.

Dan untuk membantu pembersihan tubuh serta mengistirahatkan saluran cerna Anda, lakukanlah Goodway Fasting (GF) minimal 2 kali dalam seminggu, seperti misalnya puasa Senin-Kamis.

 

(11) Makan Minum dengan Rasa Syukur & Bahagia

Sebelum Anda makan dan minum, syukurilah, lalu nikmatilah. Enak atau tidak enak, sedikit atau banyak, syukuri saja. Kenapa demikian? Karena nasib Anda jauh lebih beruntung dibandingkan mereka yang kelaparan di luar sana dan yang mengalami gizi buruk.

Selain itu, mensyukuri tiap pemberian akan mendekatkan hati Anda kepada Tuhan dan hati Tuhan kepada Anda. Mensyukuri tiap pemberian Tuhan akan membuka rahmat yang lebih lagi, sehingga Anda bisa lebih sehat lagi dalam aspek roh, jiwa dan tubuh 🙂

 

(12) Minum Goodway Choco Drink Di Pagi Hari

Untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan mempercepat proses penyembuhan, minumlah Goodway Choco Drink di pagi hari, kecuali Anda sedang Goodway Fasting (GF) dimana Anda bisa minum ini sebelum puasa dan saat buka puasa.

Anda bisa menggunakan minuman ini sebagai pengganti sarapan.

Resep Goodway Choco Drink yaitu:

  • Bubuk cokelat hitam 1 sendok makan dan gula aren secukupnya diaduk sampai rata ke segelas air panas 200-250ml.
  • Biarkan dulu dari panas jadi hangat, lalu tuangkan santan mentah secukupnya sebagai creamer, VCO 1 sendok makan dan juga garam laut asli setengah sendok teh.
  • Tambahkan juga bubuk agar-agar 1 sendok teh.
  • Aduk sampai rata lalu minum ini 1-4 kali sehari.

Antioksidan flavonoid dalam cokelat hitam sangat baik untuk kesehatan jantung dan menormalkan tekanan darah. Kafein dan flavonoid cokelat hitam sangat baik untuk meningkatkan metabolisme pembakaran lemak. Malah, khasiatnya lebih terasa lagi jika Anda pakai bubuk cokelat yang masih tinggi kandungan lemak cokelatnya seperti misalnya merek Tulip Bordeaux seperti di gambar.

Gula aren yang manisnya renyah karena mengandung kalsium, fosfor dan zat besi, sangat aman buat penderita diabetes dan obesitas. Jadi tidak perlu takut tambah gendut 🙂

Multimineral dari garam laut asli seperti misalnya garam krosok dan garam himalaya, akan menjadi nutrisi mineral lengkap (ada 84 mineral) bagi tubuh dibandingkan garam meja yodium, dan justru menormalkan tensi darah. Kandungan kalsium, zat besi, dan magnesium di garam ini sangat dibutuhkan untuk metabolisme pembakaran lemak.

Bubuk agar-agar kandungan seratnya sangat tinggi sekali, sangat baik untuk membersihkan dan memperlancar pencernaan Anda, sehingga toksin-toksin penyebab gendut bisa enyah keluar. Serat tingginya juga bantu untuk menekan rasa lapar.

Kandungan Fucoxanthin di agar-agar bisa meningkatkan pembakaran lemak, sedangkan kandungan fucodian-nya dapat mencegah penumpukan lemak tidak sehat di tubuh. Anda bisa memakai agar-agar merek Swallow Globe Brand untuk hasil yang baik (lihat gambar).

VCO (Virgin Coconut Oil) atau minyak kelapa murni kaya akan asam laurat, terbukti manjur dalam ratusan studi untuk pengobatan sakit jantung, hipertensi dan kolesterol tinggi. Lemak MCFA seperti VCO justru meningkatkan pembakaran lemak. Bagaikan lemak lawan lemak, itulah VCO yang merupakan lemak baik mengenyahkan lemak jahat.

Tapi pastikan VCOnya asli, organik, tidak tengik, tidak dipanaskan dan bukan oplosan, supaya yang Anda lakukan ini tidak sia-sia. Kalau ragu dengan kualitas di luar sana, Anda bisa pesan di link ini http://bit.ly/2Xebe9S

Santan mentah selain bikin rasanya jadi lebih nikmat, kaya akan protein dan serat, baik untuk pencernaan Anda dan tambahan nutrisi untuk tubuh Anda. Pastikan santannya mentah segar bikinan sendiri ya.

 

Apakah Saya Harus Melakukan 12 Langkah Sekaligus?

Apakah menerapkan hanya beberapa langkah Goodway Eating (GE) bisa membuat perbedaan mencolok?

Iya, benar. Mempraktekkan hanya beberapa langkah GE akan membuat perbedaan yang signifikan terutama lagi jika Anda bisa rutin minum Goodway Choco Drink. Tubuh dan pikiran Anda akan terasa lebih segar, enteng dan bertenaga.

Tetapi semakin banyak Anda mempraktekkan semua prinsip GE, semakin baik dan dahsyat pula dampaknya yang Anda rasakan.

 

Menerapkan GE Akan Meningkatkan Ibadah Anda 

Tentu saja mempraktekan prinsip-prinsip dalam GE akan meningkatkan ibadah Anda, karena:

  1. Mempraktekkan prinsip dasar eat real, eat clean, dan eat right menunjukkan sikap Anda yang bertanggung jawab terhadap tubuh jasmani pemberian Tuhan. Jangan hanya merawat tempat ibadah saja, tapi juga rawatlah tubuh Anda yang bisa Anda pakai untuk melakukan ibadah dan berbuat baik. Logikanya: bagaimana Anda bisa bebas melakukan ibadah dan perbuatan baik jika tubuh Anda sakit?!
  2. Mempraktekkan eat happy membuat Anda selalu bersyukur yang otomatis membuat Anda selalu ingat Tuhan. Ini akan mendekatkan hati Anda ke Tuhan, juga mendekatkan hati Tuhan ke Anda (karena Tuhan senang dengan hati penuh syukur Anda).

Demikian tentang Goodway Eating dan langkah-langkah bagaimana mempraktekkannya. Semoga setelah mempelajari dan mempraktekkannya, Anda bisa segera mendapatkan kesehatan yang Anda dambakan selama ini.

Dt Awan (Andreas Hermawan)

©2019 DutaSehat.com all rights reserved.

WhatsApp chat

Masuk dengan data akun Anda

atau    

Lupa rincian login Anda?

Buat Akun