Manfaat teh hijau sudah diketahui lama bisa untuk mencegah penyakit jantung dan berbagai kanker. Penelitian lainnya yang dipublikasikan Juli 2005 oleh American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa teh hijau juga dapat dipakai untuk mengurangi lemak tubuh. Mereka yang mengonsumsi teh hijau sebotol setiap hari selama tiga bulan akan menurunkan lemak tubuh yang berakibat penurunan pada berat badannya, dibanding dengan mereka yang mengonsumsi sebotol teh oolong.

Jenis teh lainnya, seperti teh hitam dan teh oolong, juga mempunyai kadar polifenol dalam jumlah besar, yang berguna sebagai antioksidan, anti kanker dan anti virus. Tapi bedanya dengan teh lainnya itu, teh hijau kaya akan polifenol yang disebut dengan katekin. Katekin ini selain bermanfaat sebagai anti peradangan dan anti kanker, pada penelitian terbaru disebutkan dapat juga mempengaruhi tumpukan lemak tubuh dan kadar kolesterol. Katekin ini akan memicu penurunan berat badan dengan cara membakar kalori dan mengurangi lemak tubuh.

Penelitian yang dilakukan di Jepang ini, dengan tujuan untuk melihat efek katekin dalam menurunkan lemak tubuh dan penurunan berat badan terhadap 35 orang pria. Pria-pria ini mempunyai berat badan dan lingkar pinggang yang kurang lebih sama.

Sebagian pria selama tiga bulan mengonsumsi sebotol teh oolong, yang diberi tambahan ekstrak teh hijau yang mengandung 690 mg katekin. Sedang kelompok lainnya diberi sebotol teh oolong dengan 22 mg katekin. Selama tiga bulan ini, kedua kelompok tersebut diberikan makanan yang sama dengan jumlah kalori dan lemak yang sama, sehingga secara keseluruhan mendapat total diet yang sama.

Setelah tiga bulan menunjukkan pria yang mengkonsumsi ekstrak teh hijau mengalami penurunan berat badan yang lebih banyak (2,4 kg dibanding 1,3 kg) dan penurunan indeks massa tubuh (IMT) secara bermakna, lingkar pinggang dan juga total lemak tubuh. LDL, kolesterol buruk, juga mengalami penurunan.

Link referensi:

http://en.allexperts.com/q/Nutrition-Dieting-939/Green-Tea-1.htm

http://www.ajcn.org/cgi/content/abstract/70/6/1040

 

Sharing is caring. Viralkan supaya bermanfaat bagi orang lain!

Tentang Duta Sehat     Panduan & Dukungan     Hubungi Kami     Kebijakan Privasi     Syarat & Ketentuan     Jadi Mitra

 

©2020 DutaSehat.com | Pusat Layanan Medis Holistik Indonesia

Mulai chat
1
Klik untuk chat via WA
Hai, silahkan klik untuk chat via WA :)

Login ke akun Anda

atau    

Forgot your details?

Create Account