Banyak orang beranggapan bahwa minyak kelapa akan menyumbat pori-pori sehingga bisa menimbulkan jerawat, tapi penelitian yang cukup banyak menunjukkan bahwa itu sebenarnya dapat membantu mengobati jerawat (1).

Jerawat adalah kondisi peradangan di kulit, dan banyak dari obat yang digunakan untuk mengobatinya bekerja dengan menargetkan dan mengurangi peradangan (2).

Karena minyak kelapa dan komponennya dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh, minyak kelapa juga dapat membantu dalam perawatan jerawat.

Selain itu, sifat antibakteri dari asam lemak rantai menengah dalam minyak kelapa juga dapat membantu mengurangi jerawat.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa asam laurat, yang ada di minyak kelapa, telah terbukti membunuh strain bakteri yang terkait dengan jerawat (3, 4).

Faktanya, uji tabung dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa asam laurat lebih efektif daripada benzoil peroksida dalam mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat (4).

Seiring dengan asam laurat, asam kaprat telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri.

Sebuah penelitian pada hewan dan tabung percobaan tahun 2014 menunjukkan bahwa asam laurat dan kaprat berhasil mengurangi peradangan dan mencegah jerawat dengan membunuh bakteri (5).

Caranya:

  1. Oleskan minyak kelapa tipis-tipis sampai meresap ke area kulit di mana jerawat ditemukan.
  2. Khusus di malam hari sebelum tidur malam, cuci area kulit yang ada jerawatnya dengan air hangat untuk membuka pori-pori, setelah itu oleskan tipis-tipis minyak kelapa sampai meresap.

Tapi perlu diingat bahwa minyak kelapa tidak cocok untuk mengobati jerawat di wajah yang berminyak. Dan pastikan juga bahwa minyak kelapa yang Anda pakai adalah yang asli dan berkualitas karena Anda pasti memberikan yang terbaik untuk kulit wajah Anda bukan?!

Jika Anda ragu-ragu dengan kualitas di luar sana, Anda bisa memesannya DI SINI. Sedangkan minyak kelapa yang dikhususkan untuk jerawat dan penggunaan luar, silahkan Anda pesan DI SINI.

 

Referensi:

(1) https://www.healthline.com/nutrition/using-coconut-oil-to-treat-acne/

(2) https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3780801/

(3) https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19665786

(4) https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19387482

(5) https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24284257

 

 

©2019 DutaSehat.com all rights reserved.

WhatsApp chat

Masuk dengan data akun Anda

atau    

Lupa rincian login Anda?

Buat Akun

%d blogger menyukai ini: