Segelas coklat hangat sebelum tidur bisa membuat keajaiban. Ia tidak hanya menghangatkan Anda dari dalam ke luar, tapi juga menenangkan. Kok bisa? Itu karena kandungan tinggi magnesium dan triptofan yang ada di bubuk kakao (cokelat). Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana dengan kafeinnya? Bukankah itu stimulan?

Sebagian besar dari kita mengasosiasikan kakao sebagai makanan stimulan atau energizer. Pikirkan lagi. Sebagian besar kakao di luar sana mengandung sejumlah kecil kafein (kurang dari 1%), yang artinya tidak cukup mengganggu Anda, atau mencegah Anda dari tidur nyenyak. Bahkan bagi Anda yang sangat sensitif terhadap kafein, masih pantas dicoba karena ini akan benar-benar menyehatkan Anda dengan khasiat magnesium dan triptofan yang menenangkan.

Namun, pemikiran kakao sebagai energizer sebagian besar disebabkan oleh Theobromine yang dikandungnya, yang merupakan stimulan, tetapi tidak mempengaruhi sistem saraf pusat Anda seperti kafein. Persentase kafein sangat tergantung pada sumber kakao, beberapa strain mungkin memiliki hingga 3% tetapi lebih jarang ditemukan.

Magnesium: Magnesium adalah mineral kuat yang berperan penting dalam tidur dan merupakan pelemas alami yang membantu menonaktifkan adrenalin. Kekurangan magnesium dapat dihubungkan langsung dengan kesulitan tidur. Magnesium sering disebut sebagai mineral tidur. Magnesium juga melawan penumpukan asam, menetralkan racun, menenangkan kepekaan terhadap rasa sakit, menenangkan saraf, membangun tulang dan gigi yang kuat dan sangat penting untuk banyak fungsi lainnya. Lebih dari 80% orang Amerika kekurangan magnesium secara kronis. Kakao dikatakan sebagai makanan yang mengandung magnesium tertinggi di planet ini.

Tryptophan: Tryptophan adalah asam amino yang ketika dicerna akan berubah menjadi neurotransmitter serotonin dan kemudian diubah menjadi hormon melatonin. Kakao mentah meningkatkan produksi serotonin alami tubuh, meningkatkan mood dan kemampuan kita untuk menangkal stres. Baik magnesium dan triptofan, adalah bahan kimia yang diperlukan untuk produksi serotonin. Tryptophan mudah menguap dan karenanya tidak ada dalam cokelat yang dimasak. Oleh karena itu konsumsi bubuk cokelat mentah adalah cara terbaik untuk mendapatkan tryptophan makanan.

 

Resep Minuman Cokelat untuk Tidur Nyenyak

Berikut resep minuman cokelat untuk tidur berkualitas Anda:

  • Tuangkan bubuk cokelat hitam 1 sendok makan, bubuk agar-agar 1 sendok teh, dan garam laut asli setengah sendok teh, dan madu asli secukupnya diaduk sampai rata ke segelas air hangat (jangan panas) 200-250ml.
  • Aduk sampai rata lalu minum ini 1-2 jam sebelum tidur malam Anda.

Catatan: Anda bisa mengganti madu asli dengan gula aren asli atau pemanis stevia (pemanis alami dari daun stevia).

 

Bahan Minuman Cokelat yang Baik Untuk Tidur & Obati Insomnia

Bubuk Kakao / Cokelat Hitam

Untuk bubuk cokelatnya sudah dijelaskan di awal bahwa kandungan tinggi magnesium dan tryptophan pada kakao bisa membuat Anda tidur nyenyak.

Khasiatnya lebih terasa lagi jika Anda pakai bubuk cokelat yang masih tinggi kandungan lemak cokelatnya seperti misalnya merek Tulip Bordeaux seperti gambar di bawah.

 

Bubuk Agar-agar Mentah dan Garam Laut

Bubuk agar-agar yang tidak dimasak, kaya akan tryptophan yang membantu tidur nyenyak. Agar-agar dan garam laut juga mengandung magnesium, yaitu mineral yang menenangkan.

Anda bisa memakai agar-agar merek Swallow Globe Brand untuk hasil yang baik seperti gambar di bawah ini.

Garam laut asli yang bisa Anda pakai adalah garam krosok, garam tradisional tanpa merek atau garam import, himalaya. Detail informasi tentang garam laut ini bisa Anda pelajari DI SINI

Semoga bermanfaat 🙏

Dt Awan (Andreas Hermawan)

.

.

©2019 DutaSehat.com all rights reserved.

WhatsApp chat

Masuk dengan data akun Anda

atau    

Lupa rincian login Anda?

Buat Akun