Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam edisi Mei 2014 di Journal of Basic and Clinical Physiology and Farmacology, para peneliti menemukan bahwa komponen aktif minyak kelapa memiliki efek perlindungan terhadap toksisitas hati.

Berikut ringkasan dari penelitian tersebut:

Latar belakang: Trimethoprim-sulfamethoxazole (TMP-SMX) adalah antibiotik spektrum luas. Namun, penggunaannya dikaitkan dengan reaksi toksik (menimbulkan efek samping beracun). Minyak kelapa murni (Virgin Coconut Oil = VCO), yang berasal dari kelapa, telah banyak digunakan sepanjang sejarah karena nilai obatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki tindakan menguntungkan VCO terhadap perubahan yang diinduksi TMP-SMX pada titik akhir biokimia serum.

Metode: Dua puluh tikus dibagi menjadi empat kelompok. Kelompok 1 (kontrol) tidak menerima obat, sedangkan kelompok 2 menerima TMP-SMX (8/40 mg / kg) dua kali sehari selama 7 hari. Kelompok 3 diberikan minyak kelapa dengan dosis 600 mg / kg berat badan per hari. Kelompok terakhir diobati dengan TMP-SMX (8/40 mg / kg) dan minyak kelapa (600 mg / kg) secara bersamaan. Sampel darah dikumpulkan dari semua kelompok pada hari ke 8 percobaan untuk pengukuran parameter biokimia serum. Bobot dan koefisien organ juga dievaluasi.

Hasil: TMP-SMX menyebabkan peningkatan yang signifikan (p <0,05) dalam kadar bilirubin total serum, laktat dehidrogenase, dan alkali fosfatase masing-masing sebesar 192%, 67%, dan 41%, relatif terhadap kontrol. Ini diikuti oleh penurunan yang signifikan dalam trigliserida dan berat ginjal relatif masing-masing sebesar 40% dan 7%. Tidak ada perbedaan yang signifikan (p> 0,05) dalam aktivitas serum aminotransferase, total asam fosfatase, γ-glutamil transferase, asam urat, kolesterol, albumin, dan kadar urea. Suplementasi VCO memperbaiki efek yang diinduksi TMP-SMX dengan mengembalikan kadar bilirubin total, alkaline phospahatase, dan lactate dehydrogenase (melindungi dari efek samping TMP-SMX yang meracuni hati).

Kesimpulan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komponen aktif minyak kelapa memiliki efek perlindungan terhadap efek toksik yang disebabkan oleh pemberian TMP-SMX, terutama di hati tikus.

Sumber: https://www.degruyter.com/view/j/jbcpp.2014.25.issue-2/jbcpp-2013-0059/jbcpp-2013-0059.xml

 

Sharing is caring. Viralkan supaya bermanfaat bagi orang lain!

Tentang Duta Sehat     Panduan & Dukungan     Hubungi Kami     Kebijakan Privasi     Syarat & Ketentuan     Jadi Mitra

 

©2020 DutaSehat.com | Pusat Layanan Medis Holistik Indonesia

Mulai chat
1
Klik untuk chat via WA
Hai, silahkan klik untuk chat via WA :)

Login ke akun Anda

atau    

Forgot your details?

Create Account