Goodway Fasting (GF) menekan pengaktifan proses autophagy, yaitu proses dimana sel tubuh kita yang menghancurkan, mendaur ulang dan memakan sel dalam tubuh yang rusak, mati, tidak bisa diperbaiki, terserang penyakit atau tidak normal.

Proses autophagy ini sangat bermanfaat sekali untuk kasus kesehatan seperti gangguan hormonal, obesitas, penyakit degeneratif termasuk kanker. Ada yang berpendapat bahwa proses autophagy bisa diaktifkan kalau kita berpuasa selama 12-24 jam puasa. Tapi dalam metode GF, untuk memastikan proses autopaghy ini benar-benar terjadi (bukan asumsi), kita akan mempraktekkannya minimal 16 jam puasa.

Dengan demikian, cara menerapkan GF yaitu berpuasa tidak makan apapun selama 16 jam, kecuali minum air putih, karena air putih tidak membatalkan proses autophagy. Contoh: Setelah Anda makan malam jam 19.00, Anda baru bisa buka puasa 16 jam kemudian yaitu jam 11.00 siang. Jadi di sini Anda melewatkan sarapan pagi, langsung memulai makan siang di jam 11.00 tersebut.

Dan untuk membantu pembersihan tubuh serta mengistirahatkan saluran cerna Anda, lakukanlah Goodway Fasting (GF) minimal 2 kali dalam seminggu, seperti misalnya puasa Senin-Kamis.

 

Seperti Apa Mekanisme Autophagy?

Mekanisme autophagy ini telah diungkap oleh peraih Nobel Kedokteran asal Jepang, yaitu Profesor Yoshinori Ohsumi. Ohsumi mengatakan bahwa dengan autophagy, sel dapat dapat mengisolasi bagian dari sel yang rusak, mati, tidak bisa diperbaiki, terserang penyakit maupun terinfeksi. Setelah mengisolasi bagian yang bermasalah, sel kemudian menghancurkan bagian tersebut menjadi sesuatu yang tidak membahayakan dan melakukan daur ulang untuk menghasilkan energi dalam sel.

Dari mekanisme ini, komponen-komponen sel yang rusak akan dibangun dan diperbaharui kembali. Pada kasus sel yang terkena infeksi, autophagy juga dapat mengeliminasi bakteri atau virus penginfeksi.

Kunci untuk mengaktifkan proses autophagy pada sel ialah kondisi ketika tubuh tidak menerima asupan nutrisi selama 12-24 jam. Jadi jika kita berpuasa tanpa makan apapun selama 12-24 jam (tapi bisa minum air putih), hal ini akan membuat otak menerima sinyal bahwa tubuh sedang kekurangan makanan dan harus mencari-cari makanan yang tersisa dalam tubuh sendiri.

Sinyal ini membuat proses autophagy teraktivasi dan sel mulai melakukan perombakan terhadap protein yang rusak ataupun tua di dalam tubuh. Ketika kadar insulin dalam tubuh menurun, glucagon mulai bekerja dan membersihkan sisa-sisa sel yang telah mati atau rusak.

Pastikan selama masa puasa ini, Anda tidak konsumsi makanan atau suplemen apapun, kecuali air putih supaya proses autophagy tidak terhenti.

 

Apa Saja Manfaat Autopaghy Dalam Goodway Fasting?

  1. Meningkatkan anti-aging alias Anda jadi awet muda.
  2. Menghilangkan protein beracun dari sel-sel yang dikaitkan dengan penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer.
  3. Mendaur ulang protein residu.
  4. Menormalkan berat badan Anda.
  5. Menyediakan energi dan dinding perlindungan untuk sel yang masih bisa diperbaiki.
  6. Mendorong regenerasi dan sel-sel sehat.
  7. Merombak sel abnormal seperti sel kanker menjadi sel yang tidak membahayakan dan lebih bermanfaat untuk tubuh.
  8. Melindungi sistem saraf dan mendorong pertumbuhan sel otak dan saraf. Autophagy tampaknya meningkatkan fungsi kognitif, struktur otak, dan neuroplastisitas.
  9. Mendukung pertumbuhan sel-sel jantung dan melindungi dari penyakit jantung.
  10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan menghilangkan patogen intraseluler.
  11. Melindungi stabilitas DNA.
  12. Mencegah kerusakan jaringan dan organ yang sehat (dikenal sebagai nekrosis).

 

Minyak Kelapa Murni Membantu Proses Autopaghy Lebih Nyaman

Tentu saja berpuasa tidak makan (tapi tetap minum air putih) bisa membuat Anda lemas dan mungkin Anda khawatir ini akan mengganggu pekerjaan Anda. Nah, untuk mengurangi efek lemas ini, Anda bisa mengkonsumsi minyak kelapa murni atau VCO (Virgin Coconut Oil) 2 sendok makan sebelum memulai puasa.

Tapi pastikan VCO yang Anda konsumsi adalah yang asli, organik, tidak tengik, tidak dipanaskan, dan bukan oplosan supaya usaha Anda tidak sia-sia. Jika Anda ragu dengan kualitas VCO di luar sana, Anda bisa memesannya DI SINI.

Dt Awan (Andreas Hermawan)

©2019 DutaSehat.com all rights reserved.

WhatsApp chat

Masuk dengan data akun Anda

atau    

Lupa rincian login Anda?

Buat Akun