Jangan meremehkan informasi-informasi kesehatan yang ada di internet! Kalau sebelumnya saya memberitahukan Anda tentang belajar sains medis holistik dari buku, kini saya akan memberitahukan bahwa belajar dari internet SANGAT JAUH lebih up-to-date dibandingkan buku.

Kecepatan update informasi terbaru di internet sangat cepat sekali dan yang bisa berbagi informasi ini bukan hanya orang-orang tertentu yang punya uang atau akses ke jalur formal. Orang-orang biasa tapi punya pengetahuan dan bakat luar biasa juga bisa berbagi informasi di internet.

 

INFORMASI DI SITUS FORMAL ADALAH INFORMASI BIASA DAN KALAH CEPAT UPDATE

Untuk bisa masuk jadi kolumnis di sebuah situs resmi/formal tidaklah gampang. Kita ambil contoh situs BBC ( www.bbc.co.uk ), untuk bisa jadi kolumnis dan penulis artikel di situs ini tidak mudah. Banyak persyaratannya dan informasi yang dipublikasikan di sana adalah informasi-informasi yang telah “disensor”. Jadi informasi di BBC adalah informasi yang sangat “dibatasi”.

Banyak sekali orang-orang di sekitar kita yang punya pengetahuan luar biasa, tapi punya beberapa kekurangan, seperti misalnya:

  • Tidak pintar menulis, padahal untuk jadi kolumnis di situs formal harus pintar menulis.
  • Tidak punya koneksi “orang dalam” di situs formal bersangkutan.
  • Tidak “menarik perhatian” direksi situs formal bersangkutan.

Untunglah SEMUA orang bisa punya akses di dunia maya, tidak terbatas di situs-situs formal. Jadi kita, orang-orang biasa, tapi memiliki pengetahuan yang masing-masing unik dan SALING MELENGKAPI, bisa berbagi informasi melalui media-media internet yang tidak formal, seperti misalnya: blog pribadi, email pertemanan, media sosial, forum terbuka, dan sebagainya.

Mereka yang jadi kolumnis di situs formal juga punya banyak batasan pengetahuan, belum lagi untuk supaya tulisan mereka bisa dipublikasikan, tulisan tersebut harus melalui seleksi dan sensor di meja redaksi terlebih dahulu. Jadi kita lihat di sini ada banyak keterbatasan pengetahuan dan waktu yang tertunda dalam publikasi.

 

JANGAN SEPELEKAN INFORMASI KECIL DAN GRATISAN

Ya, benar. Informasi-informasi di internet pada umumnya bisa Anda dapatkan gratis. Kebanyakan yang diinformasikan juga dalam bentuk yang sederhana dan tidak begitu panjang, yaitu dalam bentuk artikel atau kolom berita.

Walaupun informasinya sederhana, non-formal, dan gratisan, jangan menganggapnya rendahan atau kalah berharga dibandingkan buku di gedung sekolah, koran, majalah, berita radio, televisi, atau juga informasi elektronik di situs resmi (misal: bbc.com, cnn.com, livestrong.org, discovery.com).

Slogan, “jangan makan merek!” juga berlaku di dunia maya. Apapun bentuk informasinya serta siapa yang mempublikasikannya, yang penting adalah kebenaran, fakta, makna, dan manfaatnya.

 

HATI-HATI DENGAN HOAX!

Oleh karena begitu mudahnya orang menulis di dunia maya, artikel-artikel hoax (bohongan) juga banyak sekali tersebar di internet. Jadi kita juga perlu hati-hati supaya tidak “kemakan” hoax. Caranya yaitu:

  • Selidiki detail yang diklaim oleh artikel.
  • Dari detail informasi tersebut, bandingkan faktanya dengan artikel-artikel lainnya yang serupa dan juga bandingkan dengan realita hidup.
  • Cari juga artikel yang kontra untuk membandingkannya, dengan cara ketik kata kunci yang sama di google ditambah kata HOAX. Contoh: Anda mendapat artikel berjudul “HIV penyebab AIDS”, Anda cari perbandingannya dengan kata kunci: “HIV penyebab AIDS ternyata hoax”.

 

APA PUN MASALAH KESEHATAN ANDA, CARI SOLUSINYA DI INTERNET

Apapun masalah kesehatannya, bisa Anda dapatkan solusinya via browsing dunia maya. Solusi yang Anda butuhkan bisa dicari dengan memanfaatkan mesin pencari dunia maya, misalnya: Google Search. Contoh:

  • Ketika orangtua sakit diabetes, dokter mengatakan orangtua Anda tidak bisa sembuh dan harus diamputasi kakinya (karena ada luka gangren), carilah obat alaminya di Google search dengan kata kunci: “DIABETES SEMBUH SECARA ALAMI” atau “OBAT ALAMI UNTUK DIABETES”.
  • Ketika ada anggota keluarga yang sakit gagal ginjal, di mana dokter konvensional paling canggih sekalipun tidak bisa menyembuhkan kasus ini, janganlah berputus asa. Carilah solusi penyembuhannya di Google Search dengan kata kunci: “SEMBUH DARI GAGAL GINJAL” atau “OBAT ALAMI UNTUK GAGAL GINJAL”.
  • Anda ingin tahu bagaimana menyembuhkan AIDS, karena sekolah kedokteran konvensional tidak punya ilmu untuk menyembuhkan penyakit ini, ketik saja di Google Search: “SEMBUH DARI AIDS” atau “OBAT AIDS ALAMI”.
  • Ingin tahu efek samping dari obat tertentu? Ketik saja di Google Search: “EFEK SAMPING <SPASI> NAMA OBAT”.
  • Ingin tahu diet yang aman dan sederhana? Ketik saja di Google Search: “DIET SIMPLE” atau “CEPAT LANGSING”.
  • Jika ingin tahu khasiat dari makanan atau minuman tertentu, cukup dengan mengetikkan kata kunci nama makanan/minuman tertentu di Google Search. Contoh: “MANFAAT PISANG BAGI KESEHATAN”, “KHASIAT BAKING SODA UNTUK KESEHATAN”, atau “KHASIAT TANAH LIAT UNTUK KESEHATAN”.
  • Anda curiga akan adanya dampak negatif suatu makanan, minuman, benda, atau hal lainnya, cukup dengan mengetikkan kata kunci nama makanan, minuman, atau benda tertentu di Google Search. Contoh: “BAHAYA SUSU SAPI”, “BAHAYA RADIASI HP”, “BAHAYA MANDI DI KOLAM RENANG”.

Makin Anda cerdik membuat kata kuncinya, makin bagus juga hasil pencarian yang Anda dapatkan. Namun perlu untuk diketahui, jika Anda membutuhkan informasi yang cakupannya lebih luas dan banyak, ketiklah kata kuncinya dalam Bahasa Inggris (tentu saja hanya jika Anda mengerti Bahasa Inggris atau pandai menggunakan Google Translate).

Dt Awan (Andreas Hermawan)

 

 

©2019 DutaSehat.com all rights reserved.

WhatsApp chat

Masuk dengan data akun Anda

atau    

Lupa rincian login Anda?

Buat Akun

%d blogger menyukai ini: