Santan mentah atau susu kelapa, memiliki kandungan gizi berlimpah. Jika santan yang dimasak kurang baik untuk kesehatan, justru yang mentah bisa meningkatkan kesehatan Anda. Berikut 9 manfaat utama santan mentah bagi kesehatan Anda:

 

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung dengan Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Mengapa kelapa baik untuk kesehatan Anda, meskipun tinggi lemak? Kelapa adalah salah satu sumber asam laurat terbaik. Sekitar 50 persen lemak dalam kelapa adalah asam laurat. Jenis lemak ini memiliki aktivitas antibakteri dan antivirus. Menurut penelitian terbaru, asam laurat adalah jenis asam lemak pelindung yang belum dikaitkan dengan perubahan negatif kadar kolesterol dan bahkan mendukung kesehatan jantung.

Sebagai contoh, ketika 60 sukarelawan sehat diberi bubur santan selama lima hari seminggu selama delapan minggu, para peneliti menemukan bahwa kadar low density lipoprotein (LDL) mereka menurun, sementara level “high” high density lipoprotein (HDL) mereka meningkat secara signifikan. Mereka menyimpulkan bahwa “lemak kelapa dalam bentuk santan tidak menyebabkan efek yang merugikan pada profil lipid pada populasi umum, dan pada kenyataannya bermanfaat karena penurunan LDL dan kenaikan kolesterol HDL.”

Karena kelapa mengandung mineral yang penting untuk sirkulasi dan mengendalikan aliran darah, santan juga berguna untuk menurunkan tekanan darah dan menjaga pembuluh darah fleksibel, elastis, dan bebas dari penumpukan plak. Misalnya, magnesium dapat membantu memerangi kecemasan, stres, dan ketegangan otot. Ini juga membantu sirkulasi dan menjaga otot tetap rileks. Ini semua penting untuk mencegah serangan jantung.

 

2. Membangun Otot dan Membantu Menurunkan Lemak

Bisakah santan membuat Anda bertambah berat? Studi menemukan bahwa asam lemak trigliserida rantai menengah (MCT) yang ditemukan dalam santan sebenarnya membantu meningkatkan pengeluaran energi dan bahkan meningkatkan kinerja fisik. Setelah berolahraga, otot juga membutuhkan banyak nutrisi – termasuk elektrolit seperti magnesium dan kalium yang ditemukan dalam santan – untuk memperbaiki jaringan yang rusak dan tumbuh kembali bahkan lebih kuat.

Karena santan tinggi lemak sehat, santan juga membantu Anda kenyang dan mencegah makan berlebihan atau mengemil sepanjang hari.

 

3. Menyediakan Elektrolit dan Mencegah Kelelahan

Apakah santan mentah baik untuk Anda jika Anda baru saja sakit? Meskipun air kelapa adalah sumber elektrolit yang lebih tinggi, santan mentah juga menyediakan mineral penting seperti kalium dan magnesium yang diperlukan untuk menjaga volume darah, mengatur kesehatan jantung, dan mencegah dehidrasi atau diare. Terutama di cuaca yang sangat panas, setelah berolahraga atau setelah sakit, elektrolit membantu mencegah kelelahan, stroke panas, masalah jantung, nyeri otot atau kram, dan kekebalan rendah.

Santan juga mengandung jenis MCT yang mudah digunakan oleh otak Anda untuk energi, bahkan tanpa perlu diproses melalui saluran pencernaan Anda dengan asam empedu seperti beberapa lemak lainnya (yang lain perlu asam empedu). Santan adalah “makanan otak” yang hebat karena kalori dari santan mentah menyediakan sumber energi yang cepat dan efisien bagi otak. Otak sebenarnya terutama terdiri dari lemak dan mengandalkan aliran yang stabil untuk berfungsi dengan baik.

 

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Apakah kelapa baik untuk menurunkan berat badan? Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh School of Dietetics dan Human Nutrition di McGill University:

Konsumsi makanan yang kaya akan MCT menghasilkan kehilangan lemak yang lebih besar (jaringan adiposa) dibandingkan dengan asam lemak rantai panjang, mungkin karena peningkatan pengeluaran energi dan oksidasi lemak yang diamati dengan asupan MCT. MCT dapat dianggap sebagai agen yang membantu dalam pencegahan obesitas atau berpotensi merangsang penurunan berat badan.

Sebagai makanan tinggi dalam MCT, santan mentah bisa menjadi makanan yang sangat mengisi dan membakar lemak. Lemak adalah bagian dari “diet seimbang.” Mereka memberikan perasaan kenyang dan puas. Ini dapat membantu mencegah makan berlebihan, mengemil, mengidam makanan, dan berpotensi menambah berat badan.

Sebagai bagian dari diet sehat, ia menyediakan asam lemak yang diperlukan selain mineral lain yang mendukung penurunan berat badan dan detoksifikasi. Santan mentah juga membantu organ pencernaan, seperti hati dan ginjal, berfungsi dengan baik. Ini membantu memetabolisme lemak dan menghilangkan limbah dari tubuh.

 

5. Meningkatkan Pencernaan dan Meredakan Sembelit

Saluran pencernaan yang terhidrasi dengan baik, penting untuk mencegah atau mengobati sembelit. Apakah santan mentah baik untuk Anda jika Anda memiliki sensitivitas terhadap kebanyakan susu lainnya? Santan mentah benar-benar bebas susu dimana susu cenderung menyebabkan gangguan pencernaan. Susu biasa dapat memicu intoleransi laktosa. Santan mentah juga memberi nutrisi ke lapisan pencernaan Anda. Kandungan elektrolit dan lemak sehatnya dapat meningkatkan kesehatan usus dan mencegah kondisi seperti IBS (Irritable Bowel Syndrome).

 

6. Mengelola Gula Darah dan Mengontrol Diabetes

Kandungan lemak dari santan mentah dapat membantu memperlambat laju di mana gula dilepaskan ke dalam aliran darah. Ini mengarah ke kontrol kadar insulin yang lebih baik dan mencegah “gula tinggi” atau, lebih buruk, kondisi seperti diabetes. Ini adalah salah satu alasan mengapa santan mentah sangat baik untuk ditambahkan ke resep yang manis, seperti misalnya makanan penutup. MCT santan juga merupakan sumber energi yang lebih disukai untuk tubuh daripada gula.

 

7. Membantu Mencegah Anemia

Meskipun kandungan zat besi dari santan mentah tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan makanan lain seperti daging yang diberi makan rumput, santan masih memberikan sumber zat besi nabati yang baik untuk mencegah anemia. Mengkonsumsi berbagai makanan yang memasok zat besi (seperti kacang-kacangan, lentil, quinoa, bayam, kacang-kacangan dan biji-bijian, sayuran, dan produk kelapa) adalah salah satu cara agar setiap orang, pemakan daging dan vegetarian, dapat mencegah anemia / kekurangan zat besi.

 

8. Mencegah Radang Sendi dan Arthritis

Studi menunjukkan bahwa MCT santan mentah memiliki efek anti-penuaan tertentu dan dapat membantu menurunkan peradangan. Peradangan dikaitkan dengan kondisi seperti radang sendi dan nyeri sendi umum atau nyeri otot. Santan mentah sebagai pengganti gula refinasi bermanfaat bagi penderita artritis (atau kondisi autoimun lainnya) karena gula bersifat pro-inflamasi dan terkait dengan kekebalan rendah, memperburuk rasa sakit dan pembengkakan.

 

9. Mencegah Luka Saluran Cerna & Maag

Manfaat lain dari nutrisi santan mentah yang mungkin mengejutkan Anda? Peneliti menemukan bahwa santan mentah dapat membantu mengurangi terjadinya luka saluran cerna bahkan lebih baik daripada air kelapa. Ketika tikus dengan luka saluran cerna diberikan santan mentah, mereka mengalami pengurangan ukuran borok sekitar 56 persen. Studi ini menemukan bahwa santan mentah memiliki efek perlindungan pada lendir lambung yang mengalami ulserasi yang dapat menyebabkan sakit maag.

 

Berapa Banyak Bisa Diminum?

Anda bisa meminum santan mentah sebanyak 1-2 gelas sehari, dimana kekentalan santannya sama dengan susu sapi cair.

 

Referensi:

https://draxe.com/coconut-milk-nutrition/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4744652/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24282632

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5805166/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4975867/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12634436

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK53550/

https://draxe.com/stomach-ulcer/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18521965

.

.

©2019 DutaSehat.com all rights reserved.

WhatsApp chat

Masuk dengan data akun Anda

atau    

Lupa rincian login Anda?

Buat Akun

%d blogger menyukai ini: